Jumat, 23 Maret 2012

Aspek yang Dinilai dalam PK GURU Mata Pelajaran/Kelas (1)

Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas, meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mensyaratkan guru menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk mempermudah penilaian dalam PK GURU, 24 (dua puluh empat) kompetensi tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Ranah kompetensi pedagogik diurai menjadi 7 (tujuh) kompetensi, ranah kompetensi kepribadian diurai menjadi 3 (tiga) kompetensi, sedangkan ranah kompetensi sosial dan profesional masing-masing diurai menjadi 2 (dua) kompetensi. Pedoman untuk menilai kinerja guru untuk ranah kompetensi pedagogik berjumlah 45 (empat puluh lima) indikator. Berikut ini indikator-indikator yang masuk dalam 3 (tiga) kompetensi pada ranah kompetensi pedagogik.

Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Indikator :
  1. dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
  2. memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk dalam kegiatan pembelajaran.
  3. dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua didik kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
  4. mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tidak merugikan peserta didik lainnya.
  5. membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
  6. memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb).
Kompetensi 2: Menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Indikator:
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran tertentu sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
  2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
  3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
  4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik.
  5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
  6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
Kompetensi 3: Pengembangan Kurikulum
Indikator:
  1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
  2. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
  3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
  4. Guru memilih materi pembelajaran yang : a) sesuai dengan tujuan pembelajaran; b) tepat dan mutakhir; c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik; d) dapat dilaksanakan di kelas; dan e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
- Dikutip dari Buku 2 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)

2 komentar:

  1. Nice infoh .. pa ae :)

    BalasHapus
  2. Makasih Bos lah, semoga kita jadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya

    BalasHapus