Penilai kinerja guru dalam
melaksanakan tugasnya, selain memantau dokumen pendukung pelaksanaan tugas
milik guru yang dinilai dan melakukan wawancara kepada kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, teman sejawat, orang tua siswa serta siswa di lingkungan kerja
guru yang dinilai, juga dilakukan pengamatan ketika guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran. Wawancara kepada guru yang dinilai dilakukan sebelum dan sesudah
pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran. Wawancara kepada guru sebelum
pelaksanaan pengamatan di antaranya untuk mengetahui sampai sejauh mana guru
memahami karakteristik siswanya, strategi yang akan digunakan dalam
pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai, dan kemampuan guru
memanfaatkan perangkat pembelajaran (RPP dan alat penilaian) yang tersedia.
Adapun indikator-indikator yang
diamati oleh penilai kinerja terhadap guru yang dinilai selama melaksanakan kegiatan
pembelajaran antara lain:
- mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan
- berkeliling mengamati semua peserta didik
- melakukan pengecekan tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan tulis)
- melakukan pengecekan untuk memastikan semua peserta didik aktif melaksanakan tugas-tugas yang diberikan
- bersikap terhadap peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya
- melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
- memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
- memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut
- memanfaatkan berbagai teknik untuk memberikan motivasi kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan berbagai teknik pembelajaran
- menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik
- kegiatan yang dilaksanakan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
- menanggapi respon dan memberikan penguatan/nasehat terhadap peserta didik
- menyampaikan materi pelajaran secara lancar, runtut, jelas dan lengkap
- kesesuaian materi yang diajarkan dengan usia, latar belakang, dan tingkat perkembangan peserta didik
- menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari peserta didik yang relevan
- materi yang diajarkan sesuai dengan silabus
- memperhatikan kondisi dan kemampuan belajar siswa
- membantu mengembangkan kemampuan atau keterampilan generiknya (kreatifitas, berpikir kritis, berpikir inovatif, dan pemecahan masalah, dsb)
- mengarahkan kemampuan peserta didik untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya
- pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
- mengelola aktifitas sesuai dengan RPP
- waktu yang digunakan oleh peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif
- membantu setiap peserta didik untuk melakukan kegiatannya masing-masing
- terampil menggunakan media pembelajaran, seperti: papan tulis; gambar dan/atau bahan tercetak; alat bantu video visual; komputer/TIK; dan media lainnya
- memberi perhatian kepada setiap peserta didik
- meyakinkan setiap peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran
- memberi perhatian terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik
- memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas
- memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi pengetahuan dan pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari-hari
- distribusi penggunaan waktu oleh: guru untuk berbicara di kelas; guru untuk berbicara kepada peserta didik secara individu; peserta didik untuk menjawab pertanyaan guru; peserta didik untuk memulai berinterkasi dengan guru; peserta didik untuk bekerja bersama-sama; dan peserta didik untuk bekerja mandiri
- efektifitas penggunaan waktu anggota kelompok dalam berpatisipasi secara aktif mengikuti kegiatan yang sedang dilakukan
- mengkondisikan tempat duduk peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- variatif membuat pertanyaan kepada peserta didik
- respon guru terhadap jawaban peserta didik
- sikap guru dalam berbicara terhadap peserta didik (apakah sesuai dengan usia, tidak merendahkan diri peserta didik, santun, sabar, familiar, dsb.)
- sikap peserta didik dalam berbicara terhadap guru (misalnya sopan, santun, terbuka, apakah peserta didik selalu memperhatikan guru waktu berbicara, selalu melaksanakan petunjuk guru, apakah guru perlu medisiplinkan peserta didiknya, dsb.)
- memastikan setiap peserta didik melakukan tugas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya
- membagi waktunya dalam berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok
- melakukan interaksi (bertanya, berdiskusi, dsb) dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas
- menghargai proses dan hasil kerja peserta didik
- mengatasi persaingan yang tidak sehat antar peserta didik
- mangendalikan peserta didik yang melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya diskriminasi etnik, gender, agama, dsb.)
- memberikan perhatian yang sama terhadap setiap peserta didik, atau hanya memberikan perhatian terhadap peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu
- menguasai materi, terampil dan lancar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
- melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas (materi esensial dan materi penunjang)
- mengetahui topik-topik tertentu yang mungkin sulit dipahami oleh peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar