Minggu, 08 April 2012

Kegiatan Pembelajaran yang Diamati Penilai Kinerja

Penilai kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, selain memantau dokumen pendukung pelaksanaan tugas milik guru yang dinilai dan melakukan wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, teman sejawat, orang tua siswa serta siswa di lingkungan kerja guru yang dinilai, juga dilakukan pengamatan ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran. Wawancara kepada guru yang dinilai dilakukan sebelum dan sesudah pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran. Wawancara kepada guru sebelum pelaksanaan pengamatan di antaranya untuk mengetahui sampai sejauh mana guru memahami karakteristik siswanya, strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai, dan kemampuan guru memanfaatkan perangkat pembelajaran (RPP dan alat penilaian) yang tersedia.
Adapun indikator-indikator yang diamati oleh penilai kinerja terhadap guru yang dinilai selama melaksanakan kegiatan pembelajaran antara lain:
  1. mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan
  2. berkeliling mengamati semua peserta didik
  3. melakukan pengecekan tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan tulis)
  4. melakukan pengecekan untuk memastikan semua peserta didik aktif melaksanakan tugas-tugas yang diberikan
  5. bersikap terhadap peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya
  6. melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
  7. memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
  8. memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut
  9. memanfaatkan berbagai teknik untuk memberikan motivasi kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan berbagai teknik pembelajaran
  10. menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik
  11. kegiatan yang dilaksanakan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
  12. menanggapi respon dan memberikan penguatan/nasehat terhadap peserta didik
  13. menyampaikan materi pelajaran secara lancar, runtut, jelas dan lengkap
  14. kesesuaian materi yang diajarkan dengan usia, latar belakang, dan tingkat perkembangan peserta didik
  15. menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari peserta didik yang relevan
  16. materi yang diajarkan sesuai dengan silabus
  17. memperhatikan kondisi dan kemampuan belajar siswa
  18. membantu mengembangkan kemampuan atau keterampilan generiknya (kreatifitas, berpikir kritis, berpikir inovatif, dan pemecahan masalah, dsb)
  19. mengarahkan kemampuan peserta didik untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya
  20. pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
  21. mengelola aktifitas sesuai dengan RPP
  22. waktu yang digunakan oleh peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif
  23. membantu setiap peserta didik untuk melakukan kegiatannya masing-masing
  24. terampil menggunakan media pembelajaran, seperti: papan tulis; gambar dan/atau bahan tercetak; alat bantu video visual; komputer/TIK; dan media lainnya
  25. memberi perhatian kepada setiap peserta didik
  26. meyakinkan setiap peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran
  27. memberi perhatian terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik
  28. memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas
  29. memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi pengetahuan dan pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari-hari
  30. distribusi penggunaan waktu oleh: guru untuk berbicara di kelas; guru untuk berbicara kepada peserta didik secara individu; peserta didik untuk menjawab pertanyaan guru; peserta didik untuk memulai berinterkasi dengan guru; peserta didik untuk bekerja bersama-sama; dan peserta didik untuk bekerja mandiri
  31. efektifitas penggunaan waktu anggota kelompok dalam berpatisipasi secara aktif mengikuti kegiatan yang sedang dilakukan
  32. mengkondisikan tempat duduk peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
  33. variatif membuat pertanyaan kepada peserta didik
  34. respon guru terhadap jawaban peserta didik
  35. sikap guru dalam berbicara terhadap peserta didik (apakah sesuai dengan usia, tidak merendahkan diri peserta didik, santun, sabar, familiar, dsb.)
  36. sikap peserta didik dalam berbicara terhadap guru (misalnya sopan, santun, terbuka, apakah peserta didik selalu memperhatikan guru waktu berbicara, selalu melaksanakan petunjuk guru, apakah guru perlu medisiplinkan peserta didiknya, dsb.)
  37. memastikan setiap peserta didik melakukan tugas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya
  38. membagi waktunya dalam berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok
  39. melakukan interaksi (bertanya, berdiskusi, dsb) dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta didik di kelas
  40. menghargai proses dan hasil kerja peserta didik
  41. mengatasi persaingan yang tidak sehat antar peserta didik
  42. mangendalikan peserta didik yang melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya diskriminasi etnik, gender, agama, dsb.)
  43. memberikan perhatian yang sama terhadap setiap peserta didik, atau hanya memberikan perhatian terhadap peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu
  44. menguasai materi, terampil dan lancar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
  45. melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas (materi esensial dan materi penunjang) 
  46. mengetahui topik-topik tertentu yang mungkin sulit dipahami oleh peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar